Kamis, 03 Mei 2012

Pengertian Framework PHP

Pernah dengar tentang CodeIgniter, ZendFramework, Cake PHP, atau Yii Framework?? Mungkin yang sudah level master sudah tidak asing lagi dengan istilah framework PHP. Sebenarnya apa itu framework PHP? Dan bagaimana tools ini bisa mempermudah para programer?. Berikut saya akan coba jelaskan apa itu framework PHP.
Dalam bahasa Inggris, framework berati kerangka kerja. Sementara secara harfiah, framework dapat diartikan sebagai sebuah tools atau alat yang berfungsi untuk membantu sebuah pekerjaan. Karena PHP adalah script untuk membuat website, maka framework PHP dalam kasus ini bisa diartikan sebagai alat yang berfungsi untuk mempermudah proses pembuatan sebuah website. Lalu apa bedanya dengan Content Management System (CMS), seperti WordPress, Joomla!, dan sejenisnya?. Berikut saya jelaskan sedikit perbedaan CMS dengan framework.
CMS menawarkan sebuah management website yang lengkap, end-user friendly. Jika membangun website dengan sebuah Content Management System, maka kita tinggal menjalankan engine dari CMS itu saja. Kita sebagai pengembang tidak perlu lagi memikirkan proses coding, penyusunan logika, dan proses menulis kode program sendiri.
Lain soal saat kita memakai framework PHP. Saat kita memutuskan menggunakan framework sebagai pondasi proses pembuatan website, kita masih harus menulis kode, menyusun logika program. Bedanya, kode-kode yang kita tulis harus menyesuaikan dengan lingkungan framework yang kita gunakan. Kita harus menyesuaikan pattern-pattern (pola) yang sudah menjadi acuan dalam suatu framework. Ya, konsekuensi dari menggunakan framework adalah kita harus mempelajari lagi lingkungan pengembangan, aturan-aturan, dan pola pengkodean berdasarkan framework yang kita gunakan. Akan tetapi, hal tersebut dirasa wajar dan akan terbayar lunas setelah kita benar-benar menguasai dan bisa menggunakan framework tersebut.

FRAMEWORK PHP KONFIGURASI
Pengenalan Framework PHP CodeIgniter, Bab Konfigurasi CodeIgniter
Introduction to PHP Framework CodeIgniter, CodeIgniter Configuration Chapter

Sebelumnya pertama-tama download CI terbaru dari web nya yaitu codeigniter.com

CodeIgniter tidak terlalu sulit, apalagi bagi anda yang sudah menguasai PHP dan lebih mudah lagi apabila anda memahami PHP yang berbasis OOP(Object Oriented Programming) maupun konsep MVC(Model View Controller). Framework Codeigniter berbasiskan konsep MVC yang memudahkan programmer dalam mengolah data.

Sebelum memulai membangun aplikasi web, alangkah baiknya mengetahui konfigurasi awal yang harus dilakukan sebelum menggunakan framework Codeigniter ini.

FRAMEWORK JAVASCRIPT

Apa Framework Javascript itu?!
Sebelum mengenal Framework Javascript sebaiknya kita mengenal arti umum dari Framework itu sendiri. Framework, jika diterjemahkan ke bahasa kita, bisa berarti “area kerja”, atau “lingkungan kerja”. Dalam bahasa susahnya, berarti sebuah area kerja yang sudah disediakan fungsi-fungsi yang kita tinggal menggunakannya. Jadi tidak perlu lagi membuatnya dari awal.

Analoginya, seperti kita menyewa sebuah kantor yang didalamnya sudah terdapat semua macam kebutuhan kantor seperti telepon, meja kerja, ruangan, dapur, dan lain-lain. Nah, Framework ini juga berarti sama. Sebuah framework sudah banyak menyediakan kegunaan-kegunaan yang dengan mudah kita gunakan.
Framework inilah yang kini menjadi trend di dunia pemrograman. Tidak hanya di Javascript, tapi juga di PHP. Dan pengertian Framework semua sama.

Jadi, Framework Javascript itu sendiri adalah sebuah tool yang di gunakan pada bahasa pemrograman javascript untuk mempermudah dalam penggunaannya.
Awal pengembangan Framework Javacript dimulai saat memasuki era Web 2.0, generasi kedua dari layanan berbasis web dimana
lebih meniktikberatkan pada kolaborasi online, sharing content antar pengguna dan lebih terarah ke User Content Generated.
Nah, berdasarkan kebutuhan akan konsep dan paradigma baru dalam pengembangan aplikasi berbasis web tersebut maka dalam pengembangannya diperlukan suatu sistem alur kerja yang bisa memudahkan dalam menciptakan aplikasi berbasis web yang canggih dan interaktif. Salah satu yang sering digunakan para developer tersebut adalah JavaScript Framework/Libraries dimana didalamnya terdapat JavaScript yang telah ditulis sedemikian rupa dimana sangat membantu dalam pengembangan sebuah Aplikasi Web, terutama dalam pengembangan AJAX (Asynchronous JavaSript And XML). Sebuah teknik pemanggilan cepat tanpa melakukan reload terhadap suatu page.

Dengan JavaScript Libraries tersebut para programmer bisa dengan
mudah mengimplementasikan paradigma WEB 2.0 yang baru seperti User interface yang dinamik dan sangat interaktif kepada usernya.

Download PDF Framework

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar