Jumat, 06 April 2012

Cascading Style Sheets 3 (CSS 3)

Cascading Style Sheets (CSS) adalah sebuah style sheet bahasa yang digunakan untuk menggambarkan semantik presentasi (tampilan dan format) dari dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penerapannya paling umum adalah untuk halaman web gaya ditulis dalam HTML dan XHTML, tetapi bahasa juga dapat diterapkan untuk semua jenis dokumen XML, termasuk polos XML, SVG dan XUL.

"CSS3" beralih ke halaman ini. Untuk kode bandara CSS3, lihat Montréal / Les Cedres Airport.

Tidak seperti CSS2, yang merupakan spesifikasi tunggal besar mendefinisikan berbagai fitur, CSS3 dibagi menjadi beberapa dokumen terpisah yang disebut "modul". Setiap modul menambahkan kemampuan baru atau memperluas fitur didefinisikan dalam CSS2, lebih menjaga kompatibilitas ke belakang. Bekerja pada CSS tingkat 3 mulai sekitar waktu penerbitan rekomendasi CSS2 asli. Para CSS3 awal draft diterbitkan pada bulan Juni 1999.

Karena modularisasi, modul yang berbeda memiliki stabilitas yang berbeda dan status. Pada November 2011, ada lebih dari lima puluh CSS modul diterbitkan dari Kelompok Kerja CSS. Tiga dari mereka-Selectors Level 3, Ruang nama dan Warna-menjadi Rekomendasi W3C pada tahun 2011.

Beberapa modul (termasuk Backgrounds and Borders, Queries Media, dan Multi-kolom Tata Letak antara lain) memiliki Calon Rekomendasi (CR) status dan dianggap cukup stabil. Pada tahap CR, implementasi disarankan untuk menjatuhkan awalan vendor.

CSS3 Borders

Dengan CSS3, Anda dapat membuat perbatasan bulat, menambahkan bayangan ke kotak, dan menggunakan gambar sebagai perbatasan - tanpa menggunakan program desain, seperti Photoshop.

Dalam bab ini Anda akan mempelajari tentang sifat-sifat perbatasan berikut:

* Border-radius
* Kotak-shadow
* Border-gambar

Baru Perbatasan Properti
Properti Deskripsi CSS
perbatasan-image Sebuah properti stenografi untuk mengatur semua perbatasan citra-* 3 properti
border-radius Sebuah properti stenografi untuk menentukan semua empat perbatasan-*-radius 3 properti
kotak-bayangan Atase satu atau lebih drop-bayangan ke kotak 3

CSS3 Backgrounds

CSS3 berisi beberapa properti latar belakang baru,
yang memungkinkan kontrol yang lebih besar dari elemen latar belakang.

Dalam bab ini Anda akan mempelajari tentang sifat-sifat latar belakang berikut:

* Background-ukuran
* Latar belakang asal-

CSS3 Properti background-ukuran

Properti background-ukuran menentukan ukuran gambar latar belakang.

Sebelum CSS3, ukuran gambar latar belakang ditentukan oleh ukuran sebenarnya dari gambar. Dalam CSS3 adalah mungkin untuk menentukan ukuran gambar latar belakang, yang memungkinkan kita untuk kembali menggunakan gambar latar belakang dalam konteks yang berbeda.

Anda dapat menentukan ukuran dalam pixel atau persentase. Jika Anda menentukan ukuran sebagai persentase, ukuran relatif terhadap lebar dan tinggi dari elemen induk.

Regangkan gambar latar belakang untuk sepenuhnya mengisi area konten:

div
{
background:url(img_flwr.gif);
-moz-background-size:100% 100%; /* Firefox 3.6 */
background-size:100% 100%;
background-repeat:no-repeat;
}

CSS3 font-face

Dalam aturan font-wajah baru @ Anda harus terlebih dahulu menentukan nama font (misalnya myFirstFont), kemudian arahkan ke file font. Untuk menggunakan font untuk elemen HTML, lihat nama font (myFirstFont) melalui properti font-family:

File "Sansation_Bold.ttf" adalah file lain font, yang berisi karakter berani untuk font Sansation.
Browser akan menggunakan ini setiap kali sepotong teks dengan "myFirstFont" font-keluarga harus dibaca sebagai huruf tebal.

Dengan cara ini Anda dapat memiliki banyak @ font-face aturan untuk font yang sama.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar